Hikmah Pandemi, Saatnya Kita Memulai Pola Makan Sehat

Bagaimana memulai pola makan sehat?

Lalu, bagaimana sih sahabat cara memulai pola makan sehat yang mudah itu? Yang pasti, kita harus mengurangi konsumsi makanan tidak sehat seperti makanan instan dan cepat saji. Di dalam makanan instan dan cepat saji, kita tidak memerlukan beberapa komposisi di dalamnya. Misalnya, di dalam makanan cepat saji, kandungan garam atau gulanya tinggi, melampaui kebutuhan tubuh, sehingga kita tidak memerlukan itu.

Setelah mengurangi makanan cepat saji, kita bisa mencoba menu makanan penguat imun. Banyak resep tradisional khas Indonesia yang sehat. Makanan dan minuman tradisional khas Indonesia yang baik untuk kesehatan misalnya tempe, tahu, tapai singkong, ubi rebus, sari kacang hijau, ikan pindang, pepes ikan, sayur urap, pecel lele, jamu, dan masih banyak lagi.

SahabatMaw suka sayur? Buatlah sayur yang mudah dahulu, seperti tumis kangkung, cha brokoli, sayur asem, gado-gado, dan pecel. Selain makanan, minuman juga menjadi pilihan sehat untuk menjaga daya tahan tubuh. Yaitu minuman kebugaran seperti lemon tea, kunyit asam, wedang uwuh atau wedang jahe.

Makanan tradisional tidak hanya sehat, akan tetapi juga nikmat, karena merupakan warisan kuliner nenek moyang kita yang selalu mengonsumsi makanan dari bahan-bahan alami.

Semua bahannya dapat kita beli di pasar tradisional atau modern. Kita bisa mulai memasak sendiri di rumah, dimulai dari resep makanan atau minuman yang praktis mengolahnya.

Mengapa pandemi COVID-19 dapat melemahkan daya tahan tubuh kita?

Daya tahan tubuh merupakan suatu sistem pertahanan oleh tubuh dari benda asing, seperti virus COVID-19. Melansir www.farmasi,ugm,ac,id, daya tahan tubuh yang kuat dapat mencegah terinfeksi virus COVID-19 dan gangguan kesehatan lainnya.

Jika organ tubuh kita bekerja secara optimal, kita tidak akan mudah terkena penyakit degeneratif seperti penyakit jantung dan diabetes. Orang dengan riwayat penyakit kronis, memiliki resiko tertular virus lebih besar daripada orang normal.

Makanan penguat imun, seperti makanan kaya serat, antioksidan, dan probiotik sangat dibutuhkan untuk membantu kinerja organ tubuh kita. Ini merupakan salah satu upaya agar kita memiliki daya tahan tubuh kuat.

Leave a Comment

en_USEnglish
id_IDIndonesian en_USEnglish
error: Maaf Konten Bersifat Original, Hanya untuk Dibaca, Terimakasih !!