Hikmah Pandemi, Saatnya Kita Memulai Pola Makan Sehat

Ayo! Semangat memulai hidup sehat.

Salah satu upaya untuk mencegah penularan virus COVID-19 selain, mencuci tangan, memakai masker, dan jaga jarak, adalah memasak makanan sehat sendiri di rumah. Yaitu makanan yang memiliki kandungan gizi seimbang dan bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh.

Berikut adalah sembilan tips konsumsi makanan dan minuman penguat imun di masa pandemi korona:

  1. Air putih: Minum air putih yang cukup untuk menghindari dehidrasi. Dehidrasi dapat menurunkan daya tahan tubuh. Air zamzam juga kaya mineral yang baik untuk tubuh.
  2. Tumis kangkung atau tumis bayam: kangkung dan bayam merupakan sayur yang kaya akan vitamin C. Sayur hijau juga mengandung serat yang baik untuk pencernaan.
  3. Jus jambu: jambu biji juga kaya akan vitamin C.
  4. Cha jamur tiram: jamur tiram mengandung vitamin D yang baik untuk imun.
  5. Kacang rebus: Kacang tanah mengandung vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan.
  6. Telor goreng atau rebus: Telor mengandung zinc yang dapat membantu tingkatkan daya tahan tubuh.
  7. Ayam goreng atau ayam bumbu bacem: Pada ayam terdapat mineral selenium yang berfungsi sebagai antioksidan.
  8. Jamu empon-empon (Kurkumin): Minuman dari empon-empon (tumbuhan keluarga Zingiberaceae), di Indonesia lebih familiar dengan sebutan “jamu”. Jamu temulawak, jahe, dan kunyit dipercaya dapat membuat tubuh menjadi bugar.
  9. Tapai singkong: tapai adalah makanan fermentasi sumber probiotik lokal yang baik untuk pencernaan.

Konsumsi makanan sehat tidak hanya memertimbangkan dari bahannya, tetapi dari cara mengolahnya. Memasak sendiri di rumah lebih sehat karena lebih higienis. Yaitu dengan memilih bahan makanan segar, mencucinya sampai bersih, dan mengolahnya sampai matang sempurna. Kita juga dapat menambahkan bumbu dan rempah sesuai kebutuhan. Bumbu dan rempah juga bermanfaat untuk kesehatan serta mudah didapatkan.

Membaca buku di masa pandemi

Sahabat boleh memulai dari yang disukai dulu. Pada malam harinya, bisa menuliskan daftar belanja makan dulu, besok ingin memasak apa. Lalu, lakukan ini secara kontinu agar menjadi kebiasaan baik sahabat.

Jika sahabat suka membaca buku, ini juga baik untuk kesehatan mental. Kesehatan mental juga penting selama pandemi korona. Bacalah buku sebelum tidur agar kualitas tidur lebih baik.

Ketika pandemi, membaca buku, artikel, atau majalah juga dapat menambah motivasi kita untuk memulai gaya hidup sehat. Nah, kalau sahabatMaw, sudah membaca buku apa ketika pandemi? Bagaimana, membaca buku membuat sahabat lebih bahagia kan? Yuk sharing dengan Maw! Selamat mencoba gaya hidup sehat yaa!

Ditulis oleh: Isnaillaila Paramasari (Mawnulis.com).

Bahan bacaan:

Ariska Puspita Anggraini. 2018. Demi Kesehatan Fisik dan Mental, Jangan Malas Membaca Buku. (https://lifestyle.kompas.com/read/2018/09/07/143423220/demi-kesehatan-fisik-dan-mental-jangan-malas-membaca-buku?page=all., diakses: 24 Juni 2021).

Diah Afrilian. 2021. 5 Pola Makan Sehat untuk Tingkatkan Imunitas di Tengah Pandemi Covid-19, (https://food.detik.com/info-sehat/d-5608757/5-pola-makan-sehat-untuk-tingkatkan-imunitas-di-tengah-pandemi-covid-19/2, diakses: 23 Juni 2021).

Farmasi UGM. 2020. Perlunya peningkatan sistem imun. pada pandemi COVID-19. (https://farmasi.ugm.ac.id/id/perlunya-peningkatan-sistem-imun-pada-pandemi-covid-19/, diakses: 23 Juni 2021).

P2PTM Kemenkes RI. Tips agar tetap sehat di masa pandemi covid-19. 2020.(http://p2ptm.kemkes.go.id/uploads//VHcrbkVobjRzUDN3UCs4eUJ0dVBndz09/FIX_Tips_Sehat_Covid_02.png, diakses: 19 Juni 2021).

Leave a Comment

en_USEnglish
id_IDIndonesian en_USEnglish
error: Maaf Konten Bersifat Original, Hanya untuk Dibaca, Terimakasih !!