Minuman Fermentasi: Minuman Sehat Kekinian

Minuman fermentasi adalah produk berkultur antara lain susu fermentasi bakteri asam laktat (BAL), kefir, dan kombucha. Minuman fermentasi segala umat mungkin adalah susu fermentasi BAL (bakteri asam laktat). Kultur yang paling sering digunakan adalah Streptococcus thermopilus. Minuman fermentasi berpotensi dapat menjaga kesehatan karena mengandung probiotik.

Menurut WHO tahun 2002, probiotik adalah mikroorganisme hidup yang memberikan manfaat kesehatan bagi inangnya jika dikonsumsi dengan jumlah yang cukup. Menurut BPOM RI (2016), pangan probiotik dapat berupa: produk fermentasi yang mengandung probiotik, pangan olahan kering dalam bentuk granula atau bubuk dengan kandungan bakteri probiotik, atau pangan olahan cair nonfermentasi yang disuplementasikan dengan satu atau lebih bakteri probiotik.

Perlu diperhatikan bahwa untuk mendapatkan manfaat terapi dari minuman probiotik, kita harus memerhatikan takaran sajinya. Dimana jumlah probiotik yang terkandung di dalam produk minimal 106 CFU/gram. Biasanya jika produk sudah terbukti secara ilmiah akan memberikan informasi kandungan probiotiknya.

Bagi sahabatMaw khususnya yang suka menjalani pola makan sehat, mungkin minuman fermentasi sudah cukup familiar. Akan tetapi, apakah masyarakat Indonesia secara umum sudah memahami betul apa itu probiotik dan apa saja manfaatnya bagi tubuh kita? Apakah semua kultur starter termasuk probiotik? Oleh karena itu, sekarang ini, mari kita belajar bersama-sama, supaya kita makin suka dengan minuman fermentasi.

Saat ini susu skim fermentasi dan yoghurt merupakan minuman fermentasi yang paling umum kita jumpai. Disisi lain, kita tahu, bahwa atribut “rasa” sangat berpengaruh terhadap tingkat konsumsi suatu produk. Jadi, semakin dekat produk dengan budaya atau gaya hidup masyarakat Indonesia, ada kemungkinan ia akan diterima dengan mudah. Misalnya, minuman fermentasi “rasa” stroberi, mangga, nanas, apel, rempah-rempah, dan sebagainya.

Leave a Comment

en_USEnglish
id_IDIndonesian en_USEnglish
error: Maaf Konten Bersifat Original, Hanya untuk Dibaca, Terimakasih !!