Manfaat Plastik Polypropylene sebagai Kemasan Es Krim

Polypropylene (PP) adalah salah satu jenis plastik yang digunakan sebagai kemasan es krim. Ia merupakan jenis plastik yang aman dan sesuai dengan standar keamanan pangan atau food grade. Ia berfungsi untuk memperpanjang umur simpan si es krim agar ketika sampai ke tangan konsumen masih bagus kualitasnya.

Apakah es krim dapat bertahan lama?

Faktor yang memengaruhi perubahan kualitas es krim adalah faktor dari bahan dan faktor dari lingkungan. Faktor dari bahan adalah faktor alami sifat bahan seperti kadar lemak, kadar air, dan derajat keasaman/ pH. Sedangkan faktor dari luar adalah suhu lingkungan dan kemasan (Satria dkk., 2017).

Kadar air es krim sangat memengaruhi umur simpannya. Hal ini dikarenakan kadar air yang tinggi dapat berperan terhadap pertumbuhan mikroorganisme seperti kapang (Satria dkk., 2017).

Suhu lingkungan juga sangat memengaruhi kecepatan pertumbuhan mikroorganisme. Oleh karena itu, pada kemasan es krim biasanya terdapat informasi saran penyimpanan dibawah -18oC.

Apakah kelebihan polypropylene/ PP?

Selain ringan dan kuat, PP adalah jenis plastik yang daya tembus uapnya rendah dan tidak transparan. PP dapat menjaga kestabilan lemak dalam es krim dengan baik. Kestabilannya terhadap suhu tinggi juga baik (Satria dkk., 2017). Selain pada es krim, PP juga digunakan dalam berbagai produk pangan lain seperti yoghurt dan margarine.

Demikian, tujuan adanya keterangan atau simbol segitiga PP pada kemasan adalah untuk memberikan informasi kepada konsumen bahwa produk tersebut aman. Sebagai konsumen sebaiknya kita semakin teliti dalam memilih produk pangan yang aman agar tidak menimbulkan resiko bagi kesehatan tubuh.

Ditulis oleh: Isnaillaila Paramasari (Mawnulis.com)

Daftar pustaka:

Satria, R., Evy, R., dan Noviar, H. 2017. Kajian Jenis Kemasan dan Lama Penyimpanan terhadap Mutu Es Krim Soyyoghurt. JOM Fakultas Pertanian. Vol. 4(2): 1-15.

Leave a Comment

en_USEnglish
id_IDIndonesian en_USEnglish
error: Maaf Konten Bersifat Original, Hanya untuk Dibaca, Terimakasih !!