Pengukusan dan Pendinginan Pisang Kepok

Pengukusan dan pendinginan dapat meningkatkan kadar pati resisten pisang kepok. Pati resisten adalah prebiotik yang bagus untuk kebugaran.

Pisang kepok memiliki keistimewaan dari kandungan kaliumnya. Sehingga bagus untuk kesehatan jantung. Mengonsumsi pisang kepok dapat membantu tubuh menjadi bugar (Baca juga artikel “Manfaat Pisang sebagai Terapi Kesehatan“). Selain kalium, pisang kepok juga kaya akan pati resisten yang juga bagus untuk kebugaran.

Mengonsumsi pisang kepok dapat memberikan manfaat kebugaran bagi tubuh karena ia termasuk kategori pangan fungsional (Musita, 2012). Sehingga, manfaatnya bagi tubuh akan lebih optimal, apabila pisang diolah dengan cara yang sehat. Salah satunya adalah dengan cara dikukus dan didinginkan.

Cara memasak buah pisang berpengaruh terhadap sifat fungsional buah pisang. Misalnya, pisang kepok yang dikukus lebih sehat dibandingkan dengan pisang yang digoreng. Menggoreng pisang akan meningkatkan kadar lemaknya (Marsono, 2002).

Kenapa pisang kepok harus dimasak terlebih dahulu?

Pisang kepok termasuk dalam golongan pisang plaintain. Ia harus dimasak terlebih dahulu sebelum dikonsumsi untuk meningkatkan cita rasa dan aromanya. Namun, ternyata, komposisi sifat fisik dan kimia pisang berubah setelah dimasak. Nilai gizi pisang kepok meningkat setelah dimasak dan didinginkan. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya kadar pati resisten pisang kepok.

Leave a Comment

en_USEnglish
id_IDIndonesian en_USEnglish
error: Maaf Konten Bersifat Original, Hanya untuk Dibaca, Terimakasih !!