Stainless Steel: Food Grade, Tipe, dan Cara Merawatnya

Stainless steel food grade untuk usaha makanan

SS foodgrade seri 304 dan 316

Keunggulan pada SS seri 304 dan 316 yaitu dapat digunakan untuk bahan makanan dan minuman dengan kandungan asam dan garam yang tinggi (acid and alkali resistant). Seri 316 lebih tahan terhadap suhu tinggi dibandingkan seri 304. Keduanya memiliki harga jual yang lebih mahal dibandingkan dengan seri SS food grade lainnya.

Pada perusahaan makanan dan minuman, seri 304 dan 316 biasa digunakan. Keduanya memenuhi kualifikasi sebagai berikut: anti korosi, tidak memengaruhi warna dan rasa makanan dan minuman, mudah dibersihkan, tahan terhadap kontaminasi bakteri (karena permukaan yang halus), sifat keras, kuat, dan tahan terhadap abrasi yang tinggi.

Aplikasi stainless steel food grade pada industri makanan

Pada pabrik keripik buah dan jus buah, SS 316 digunakan untuk mesin vacuum frying (penggoreng vakum) karena menggunakan suhu tinggi. Kemudian, pada pabrik pengolahan susu, ia digunakan untuk heat exchanger plate, agar dapat mencegah resiko korosi retak tegang saat komponen dibersihkan menggunakan desinfektan.

SS seri 304 misalnya digunakan pada proses pengiriman susu, pada jalur pipa yang menyalurkan susu ke tangki penyimpanan. Umumnya, SS foodgrade digunakan pada industri kue, minuman, pengolahan daging, pengolahan hasil pertanian, dan restoran.

Ayo memasak pakai stainless steel!

Memasak menggunakan SS food grade lebih aman dan menyehatkan dalam jangka waktu yang panjang. Ia juga mudah dibersihkan dan anti korosi sehingga tidak mudah berkarat. Semoga #sahabatMaw makin semangat memasak makanan yang sehat ya!

Alat masak stainless steel foodgrade dikategorikan berdasarkan komposisi logam-logam penyusunnya. Antara lain austenitic seperti seri 304 dan 316 yang resisten terhadap kondisi asam dan basa. Kemudian ferritic dan martensitic yang biasanya digunakan untuk pisau dan grinding. Selamat mencoba!

Ditulis oleh: Isnaillaila Paramasari (Mawnulis.com)

Bahan Bacaan:

Cara Memilih Kualitas Stainless Steel. 2018. (https://www.mutuindonesia.com/cara-memilih-kualitas-stainless-steel/, diakses: 15 Maret 2021).

Macam-macam Peralatan Stainless Steel. 2020. (https://www.mrkitchen.co.id/peralatan-masak-stainless-steel/, diakses: 9 Maret 2021).

Mulyaningsih, N., Salahudin X., Priyo, T., dan Soekrisno. 2014. Analisis Perbandingan Laju Korosi Material SS 304 Lapis Ni-Cr dengan SS 316L Terhadap Pengaruh Cairan Tubuh. Jurnal Analisis Perbandingan Laju Korosi Material. Vol. 40 (2): 95-107.

Priyotomo, G., Saputra, K., dan Limardi, P. C. 2020. Pelepasan Logam Peralatan Masak Stainless Steel dalam Larutan Simulasi Asam dan Garam. Jurnal Agroindustri Halal. Vol. 6 (2): 217-227.

Tinggalkan komentar

id_IDIndonesian
en_USEnglish id_IDIndonesian
error: Maaf Konten Bersifat Original, Hanya untuk Dibaca, Terimakasih !!