Warna-warni Sayur dan Buah yang Kaya Manfaat

Apa saja warna pelangi pada sayur dan buahmu?

Merah pada sayur dan buah

Sayur dan buah berwarna merah misalnya tomat, apel merah, buah bit merah, kubis merah, anggur merah, paprika merah, buah delima, ubi merah, stroberi, dan semangka.

Kita ambil contoh tomat, pada tomat, zat pigmen pembentuk warna merahnya adalah likopen. Sedangkan pada stroberi dan anggur merah, zat pigmen pembentuk warnanya adalah antosianin.

Kuning/ Oranye pada sayur dan buah

Sayur dan buah berwarna kuning atau oranye misalnya wortel, lemon, mangga, jeruk, pepaya, buah pir, paprika kuning, nanas, labu, jagung manis, ubi kuning, dan semangka kuning.

Warna kuning disebabkan karena kandungan zat pigmen karotenoid. Beta-karoten (pro-vitamin A) terdapat pada ubi kuning, labu, dan wortel. Sedangkan pada buah jeruk, ia tidak banyak mengandung vitamin A, melainkan vitamin C dan asam folat. Asam folat adalah jenis vitamin B yang baik untuk ibu hamil. Jagung dan jeruk juga mengandung senyawa karotenoid zea xanthin yang bagus untuk mata.

Hijau pada sayur dan buah

Sayur dan buah berwarna hijau misalnya apel hijau, kacang hijau, kacang panjang, buncis, kacang kapri, brokoli, alpukat, mentimun, anggur hijau, melon, kiwi, daun bawang, paprika hijau, bayam, dan kangkung.

Zat pigmen pembentuk warna hijau pada sayur dan buah adalah klorofil. Disisi lain, sayuran berwarna hijau pekat seperti bayam dan mentimun mengandung senyawa karotenoid lutein yang bagus untuk kesehatan mata. Bayam disebut juga sebagai superfood, selain kaya antioksidan, ia juga kaya akan asam folat.

Pada beberapa sayur dan buah berwarna hijau seperti sayur kale, brokoli, bayam, buah kiwi, kacang polong kaya akan senyawa karotenoid lutein dan zea xanthin. Kedua pigmen ini adalah pigmen merah, akan tetapi banyak terdapat pada sayur dan buah berwarna hijau. Jadi, karena zat pigmen klorofil menutupi keduanya, sehingga warna merah tidak terlihat, sebaliknya yang kita lihat adalah warna hijau.

Kemudian, pada beberapa sayur dan buah berwarna kuning dan merah seperti jagung, jeruk, labu, dan paprika merah juga mengandung lutein dan zea xanthin. Kedua zat ini bermanfaat untuk kesehatan mata dan kulit.

Leave a Comment

en_USEnglish
id_IDIndonesian en_USEnglish
error: Maaf Konten Bersifat Original, Hanya untuk Dibaca, Terimakasih !!