Makanan untuk Mental Sehat di Masa Pandemi Covid-19

Fisik dan mental sehat bisa kita dapat dari makanan kita sehari-hari. Ada banyak makanan lokal yang dapat mendukung kesehatan fisik dan mental kita di masa pandemi Covid-19.

Tidak hanya fisik saja, namun mental juga bisa mengalami gangguan kesehatan seperti stres, kecemasan, dan depresi. Salah satu tanda bahwa kita sedang mengalami stres antara lain tidak nafsu makan, makan berlebihan, susah tidur, tidak bersemangat menjalani aktivitas, sedih berkepanjangan, tidak suka bersosialisasi, dan masih banyak lagi.

Faktor dari gangguan kesehatan mental antara lain karena faktor genetik, diet, aktivitas fisik, obat-obatan, atau faktor lingkungan. Di masa pandemi Covid-19 ini, dimana kondisinya adalah serba “waspada” akan tekanan lingkungan, rentan membuat kita stres dan tidak bersemangat dalam beraktivitas.

Pola makan di masa pandemi Covid-19 mungkin juga dapat memengaruhi kesehatan mental kita. Ketika waktu yang kita punya terbatas, gerak kita juga terbatas, maka konsumsi akan makanan bernutrisi bisa berkurang. Sebab, ada kemungkinan, orang lebih memilih makanan siap saji karena lebih praktis.

Keuntungan mengonsumsi makanan siap saji seperti fried chicken dan humberger adalah kita tidak perlu pergi ke pasar untuk membeli bahan makanan segar. Kita bisa langsung makan sambil bersantai dengan menonton film. Tidak ada aktivitas fisik dan tidak ada interaksi dengan orang lain. Apalagi sekarang belanja makanan bisa serba online, tinggal menunggu di depan rumah saja.

Sebaliknya, ketika kita memasak sendiri, kita jadi punya aktivitas, dari berbelanja, memilih bahan makanan segar, memasak, dan berinteraksi dengan orang-orang seperti petani, tetangga, dan keluarga dekat. Memasak sendiri juga memberikan asupan yang lebih sehat ke tubuh kita. Disini, dapat kita amati, bahwa dengan memasak sendiri menimbulkan dampak positif untuk fisik maupun mental kita.

Fisik dan mental sehat bisa didapatkan dengan mengonsumsi makanan bernutrisi. Kemudian diolah dari bahan-bahan segar dan alami yang kita peroleh dari pasar, petani lokal, atau supermarket terdekat. Kemudian diolah dengan cara yang sehat, tidak merusak nutrisi dan tidak menggunakan bahan-bahan kimia yang tidak bermanfaat untuk tubuh.

Tinggalkan komentar

id_IDIndonesian
en_USEnglish id_IDIndonesian
error: Maaf Konten Bersifat Original, Hanya untuk Dibaca, Terimakasih !!