Riset dan Keistimewaan Air Zamzam untuk Kebugaran

Khasiat zat-zat aktif pada air zamzam

Menjaga kebugaran

Dalam sebuah riset disebutkan bahwa air zam-zam sangat tinggi akan kandungan mineralnya. Ia mengandung TDS (total padatan terlarut) yang terdiri dari zat organik dan anorganik) sekitar 1000 mg/L (El-Zaiat, 2007 dalam Khalid dkk., 2014).

Kandungan mineral yang tinggi ini merupakan sumber energi bagi tubuh manusia. Sehingga, air zamzam sangat dibutuhkan oleh jamaah haji dan umroh. Hal ini dikarenakan untuk menjaga stamina atau kebugaran mereka selama beribadah.

Ia juga memiliki partikel yang kecil sehingga sangat mudah diserap oleh tubuh manusia dan menghilangkan dahaga dan lapar. Selain itu, sedikitnya kandungan potassium dan sodium pada air zamzam berpotensi melindungi sistem syaraf manusia (Khalid dkk., 2014).

Sumber kalsium

Kalsium adalah kation yang paling utama pada air zamzam. Di dalam air zamzam ia membentuk zat kompleks bersama karbonat dan bikarbonat. Komponen kation dan anion lainnya berbentuk garam terlarut, antara lain magnesium bikarbonat, magnesium sulfat, sodium, dan potasium klorida.

Kandungan kalsium pada air zamzam adalah 300 mg/L sampai 340 mg/L, sedangkan air mineral biasa hanya 28 mg/L sampai 32 mg/L. Selain dapat meningkatkan kebugaran, minum air zam-zam juga dapat memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis (Fauzi dan M. Ega, 2016).

Selain itu, kandungan kalsiumnya penting untuk kesehatan gigi dan tulang. Air zamzam ini juga bagus untuk ibu hamil dan ibu menyusui. Sebab, ia dapat memberikan asupan energi yang mereka butuhkan (Xenohikari, 2016).

Antibakteri dan antiinflamasi

Air zam-zam mengandung fluoride yang berperan sebagai antibakteri. Sehingga minum air zamzam bagus untuk kesehatan gigi. Ia juga memiliki sifat anti-inflamasi. Ia juga membantu mencegah tumor dan kanker kolon (Khalid dkk., 2014).

Jadi, kita sudah belajar tentang beberapa riset yang membuktikan keistimewaan air zamzam ya sahabat mawnulis. Keistimewaan tersebut berupa sifat fisika, kimia, dan biologinya. Salah satunya adalah bentuk kristalnya yang berubah menjadi unik dan indah setelah dibacakan doa “Bismillah”. Doa inilah yang memberikan energi positif ke dalam air zamzam sehingga dipercaya dapat memberikan efek positif bagi tubuh khususnya efek kesehatan.

Demikian, semoga artikel ini bermanfaat untuk sahabat mawnulis. Ajaran Nabi ﷺ memanglah solusi terbaik dari berbagai masalah di dalam kehidupan kita, khususnya masalah kesehatan. Salah satunya, kita bisa mendapatkan efek positif seperti meningkatkan kebugaran dan menyembuhkan penyakit dari air zamzam. Dengan syarat membaca doa sebelum meminumnya ya sahabat.

Ditulis oleh: Isnaillaila Paramasari (Mawnulis.com)

Daftar Pustaka:

Fauzi, A., dan M. Ega, A. 2016. Manfaat Air Zamzam terhadap Pencegahan Osteoporosis. Majority. Vol. 5(2): 56-62.

Frigui, W. M. 2017. Miracle of water. (https://www.researchgate.net/publication/313472087_miracle_of_water, diakses: 27 Agustus 2020).

Jannah, D. S. N. 2018. Air Zamzam dalam Hadis Ibn Majah No. Indeks 3053. Skripsi, Prodi Ilmu Hadis, Fakultas Ushluhuddin dan Filsafat. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Khalid, N., Asif, A., Sumera K., Anwaar, A., dan M. Irfan. 2014. Mineral Composition and Health Functionally of Zamzam Water: A Review. International Journal of Food Properties. Vol. 17 (3): 661-677.

M. Xenohikari. 2016. Manfaat dan Khasiat Air Zam-zam untuk Kesehatan (bpsdm.kemenkumham.go.id, diakses 18 Agustus 2020).

Sarwat, A. 2016. Haruskah Kita Berobat dengan Pengobatan Nabawi? (https://www.rumahfiqih.com/konsultasi-1665-haruskah-kita-berobat-dengan-pengobatan-nabawi.html, diakses 24 Agustus 2020).

2 pemikiran pada “Riset dan Keistimewaan Air Zamzam untuk Kebugaran”

Tinggalkan komentar

id_IDIndonesian
en_USEnglish id_IDIndonesian
error: Maaf Konten Bersifat Original, Hanya untuk Dibaca, Terimakasih !!