Bagaimana (Kita) Meningkatkan Minat Membaca?

Tips agar minat membaca Anda meningkat

Perjelas tujuan membaca

Tujuan membaca Anda harus jelas. Menetapkan tujuan membaca buku, artikel, majalah, atau koran, membuat otak kita lebih mudah menerima informasi. Definisikan dan perjelas tujuan kita membaca untuk meningkatkan minat membaca Anda.

Misalnya, Anda membaca artikel untuk mengetahui data produksi gula semut di Indonesia pada tahun 2020. Setelah selesai membaca, data-data tersebut otomatis akan terinput ke dalam struktur pengetahuan di dalam otak kita.

Perhatikan sampul buku

Jangan hanya melihat sampul buku dari keindahan desainnya saja. Pastikan dengan teliti judul, jenis huruf dan font penulisan, tema, ilustrasi, dan sebagainya sesuai dengan tujuan Anda.

Misalnya, Anda membaca buku untuk belajar teknik dasar memasak. Perhatikan sampul buku, apakah ilustrasi, judul, dan temanya sesuai atau tidak.

Membaca glosarium

Otak juga membutuhkan pengenalan atau adaptasi untuk menerima data dan informasi. Kita bisa membuat review sederhana tentang tema yang akan kita baca. Salah satunya dengan membaca glosarium.

Glosarium di dalam buku biasanya disusun secara alfabetis. Ia adalah terminologi-terminologi khusus yang digunakan dalam buku. Kita bisa membaca definisi atau apa yang dimaksud penulis terkait penggunaan istilah melalui glosarium.

Anda cukup membaca glosarium, bukan menghafalkannya. Membacanya akan mendapatkan gambaran tentang buku yang akan kita baca. Dengan Anda memahami gambaran tentang tema buku, maka minat membaca Anda juga akan meningkat.

Tinggalkan komentar

id_IDIndonesian
en_USEnglish id_IDIndonesian
error: Maaf Konten Bersifat Original, Hanya untuk Dibaca, Terimakasih !!