Bagaimana (Kita) Meningkatkan Minat Membaca?

Membuat prediksi

Mengapa kita perlu membuat prediksi tentang isi buku? Ketika kita memprediksi isi buku kita akan merasa penasaran dan melanjutkan membaca buku sampai selesai. Rasa penasaran ini membuat kita bersemangat apakah prediksi kita sama atau tidak dengan isi buku. Prediksikan isi buku yang akan Anda baca dengan melihat judul, cover buku, dan sinopsis di bagian belakang buku.

Melihat ulasan dan endorsemen

Ketika Anda ingin membeli sebuah buku, perhatikan ulasan tentang isi buku tersebut. Jika ulasan dibuat oleh tokoh-tokoh terkenal dan berkompeten, itu berarti isi buku memang rekomended untuk dibaca.

Kita bisa mendapatkan gambaran tentang isi buku, kelebihan buku, gaya bahasa buku, dan sebagainya melalui ulasan atau endorsemen. Seperti pada tahap pengenalan materi, membaca ulasan juga bermanfaat agar mudah memahami apa yang kita baca dan lebih kritis terhadap isi buku.

Namun, tidak semua ulasan benar-benar ditulis oleh seorang yang kompeten. Endorsemen yang kompeten akan memberikan ulasan yang bermutu, bermanfaat, dan objektif. Pilihlah buku berdasarkan tokoh-tokoh endorsemen dan penerbit bukunya.

Tinggalkan komentar

id_IDIndonesian
en_USEnglish id_IDIndonesian
error: Maaf Konten Bersifat Original, Hanya untuk Dibaca, Terimakasih !!