Kurangi Makanan Pedas demi “Sleep Hygiene” ketika Pandemi

Langkah-langkah untuk memperbaiki sleep hygiene

Kebiasaan tidur

  • Tidak makan berat, manis, dan pedas sebelum tidur
  • Tidur secara teratur. Tentukan jam tidur dan jam bangun tidur kita. Misalnya dari jam 21.00 s/d 04.00
  • Tidak mengonsumsi kafein 4-6 jam sebelum tidur. Misalnya tidak makan coklat atau kopi sebelum tidur
  • Olahraga teratur
  • Mengonsumsi makanan rendah lemak, tinggi serat, antioksidan, dan protein sebelum tidur. Misalnya, minum susu rendah lemak.
  • Hindari stres dan rileks sebelum tidur. Misalnya dengan melakukan gerakan relaksasi.
  • Membaca buku bertema ringan sebelum tidur. Misalnya membaca buku motivasi, resep-resep makanan sehat, dan sebagainya.

Lingkungan tidur

  • Pastikan tempat tidur nyaman. Kamar tidur dan tempat tidur harus bersih dan rapi.
  • Pastikan udara sekitar nyaman. Tidak terlalu lembab, panas, atau dingin. Ventilasi udara harus bagus agar sirkulasi udara lancar. Gunakan selimut jika sedang musim hujan.
  • Menghindari kebisingan. Matikan kipas angin atau blower apabila suaranya mengganggu kenyamanan kita.

Yuk, kurangi konsumsi makanan pedas kita!

Gangguan tidur seperti insomnia, mimpi buruk, sulit tidur, bisa disebabkan karena kebiasaan dan lingkungan tidur yang buruk. Salah satunya adalah makan makanan yang pedas dan berlebihan sebelum tidur.

Yuk #sahabatMaw, kita lebih bijak lagi dalam merawat lambung kita. Makan makanan pedas berlebihan dapat menyebabkan penyakit asam lambung atau GERD. Penyakit asam lambung salah satu gejalanya adalah mengalami gangguan tidur.

Para pakar kesehatan menganjurkan bahwa, untuk meningkatkan sleep hygiene kita tidak boleh mengonsumsi makanan yang memicu naiknya asam lambung sebelum tidur. Makanan yang aman untuk lambung misalnya susu rendah lemak, buah pisang, atau sayuran hijau seperti kangkung dan sawi. Silahkan baca manfaat pisang sebagai terapi kesehatan ya #sahabatMaw.

Jadi, sleep hygiene merupakan kebutuhan pokok setiap orang. Sebab, jika tidur kita berkualitas, kita akan bangun tidur dengan keadaan bugar serta mood yang baik. Jika tubuh kita bugar, insyaAllah imunitas tubuh juga terjaga. Apalagi di masa pandemi ini, imunitas wajib dijaga untuk mencegah penularan virus korona.

Ditulis oleh: Isnaillaila Paramasari (Mawnulis.com)

Bahan Bacaan:

Fadli, R. 2020. Ini Bahaya Banyak Konsumsi Makanan Pedas Bagi Tubuh. (https://www.halodoc.com/artikel/ini-bahaya-banyak-konsumsi-makanan-pedas-bagi-tubuh, diakses: 6 April, 2021).

Sayekti, N. P. I. W., dan Hendrati, L. Y. 2015. Analisis Risiko Depresi, Tingkat Sleep Hygiene dan Penyakit Kronis dengan Kejadian Insomnia pada Lansia. Jurnal Berkala Epidemiologi. Vol. 3 (2): 181-193.

Susah Napas Setelah Makan Pedas, Wanita Ini Dilarikan ke Rumah Sakit. 2019. (https://food.detik.com/info-kuliner/d-4708431/susah-napas-setelah-makan-pedas-wanita-ini-dilarikan-ke-rumah-sakit, diakses: 6 April 2021).

Tinggalkan komentar

id_IDIndonesian
en_USEnglish id_IDIndonesian
error: Maaf Konten Bersifat Original, Hanya untuk Dibaca, Terimakasih !!