Kurangi Makanan Pedas demi “Sleep Hygiene” ketika Pandemi

Makanan pedas tingkatkan asam lambung

Gangguan pada lambung yang parah karena makanan pedas salah satunya adalah mengalami gastroesophageal reflux (GERD) atau penyakit asam lambung. Salah satu gejalanya adalah pasien mengalami gangguan tidur.

Lebih lengkapnya, ciri-ciri seseorang terkena gangguan lambung antara lain merasa kembung, muntah-muntah, badan gemetar, kesulitan bernafas, rasa terbakar di dada, yang disertai rasa asam pada mulut dan bau mulut. Hm… kita pasti nggak mau lambung kita sakit kan? Apalagi kalau sampai masuk rumah sakit dan harus diinfuse.

Jadi, lambung sehat juga berpengaruh positif terhadap sleep hygiene ya #sahabatMaw. Di masa pandemi korona ini, sleep hygiene sangat penting agar kita tetap bugar. Jika tubuh kita bugar, imunitas akan terjaga. Sehingga, badan akan tetap sehat dan produktif, ya kan?

Lambung sehat untuk perbaiki sleep hygiene

Selain itu, pemicu terjadinya gangguan asam lambung (selain makan makanan pedas) adalah pola makan tidak teratur, stres, makan makanan asam, berlemak, kafein, alkohol, merokok, minuman bersoda, makan berlebihan, dan tidur setelah makan. Sebaiknya #sahabatMaw hindari kebiasaan buruk tersebut ya!

Sekali lagi, lindungi kesehatan pencernaan kita. Salah satunya dengan menghindari makan makanan pedas berlebihan. Setiap orang memiliki kadar pedas berbeda-beda. Jika punya riwayat maag, sebaiknya jangan makan makanan pedas.

Saran dari pakar kesehatan

Para pakar kesehatan memberikan saran. Sebaiknya konsumsi lebih banyak makanan yang tidak meningkatkan asam lambung. Yaitu, makanan rendah lemak dan gula, serta tinggi akan serat, protein, dan antioksidan. Misalnya, sayuran hijau (sawi, bayam, kangkung), buah-buahan (pisang, pepaya), dan susu rendah lemak.

Mungkin #sahabatMaw pernah membaca artikel mawnulis tentang manfaat pisang sebagai terapi kesehatan. Ia bagus untuk kesehatan lambung. Tahukah sahabat, buah pisang mengandung flavonoid yang berfungsi sebagai agen anti-ulserogenik.

Flavonoid ini dapat membantu pertumbuhan mukosa lambung agar lebih tebal. Sifat ini berkebalikan dengan makanan pedas yang dapat membuat mukosa lambung lebih tipis. Sehingga lambung akan sangat senang kalau kita rutin makan buah pisang dan mengurangi makanan pedas ya #sahabatMaw.

Adakah tips pola makan yang menyehatkan?

Hm.. di jaman serba digital ini, #sahabatMaw punya banyak akses untuk belajar tentang pola makan yang sehat. Misalnya, gerakan makan sehat ala “jurus sehat rasulullah” (JSR) dan “resep-resep JSR” yang dimentori oleh ustadz Zaidul Akbar.

Beliau selalu menganjurkan makanan yang baik untuk lambung, pencernaan, dan imun tubuh. Selain itu, makanan sehat berpengaruh positif terhadap sleep hygiene. Artinya pola makan yang sehat membantu tidur lebih berkualitas.

Jangan lupa, saat ini masih dalam masa pandemi. Wajib bagi kita untuk menjaga kualitas tidur agar tetap bugar. Sekali lagi, kebugaran dan kesehatan penting untuk mencegah penularan virus covid-19. Langkah kecil kita ini insyaAllah sudah membantu pemerintah Indonesia.

Tinggalkan komentar

id_IDIndonesian
en_USEnglish id_IDIndonesian
error: Maaf Konten Bersifat Original, Hanya untuk Dibaca, Terimakasih !!